News Update :
Home » , , , , , » Festival Budaya Hingga Larut Malam di Kota Tua

Festival Budaya Hingga Larut Malam di Kota Tua

Thursday, March 1, 2012 2:14 AM

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), bekerja sama dengan Sahabat Kota Tua dan beberapa sponsor, menggelar festival budaya bertajuk Pelangi Nusantara di pelataran Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, Ahad 26 Februari 2012. "Festival ini berlangsung sejak pukul 9 tadi hingga pukul 11 malam nanti," ujar Candra, seorang panitia sekaligus anggota Generasi Muda INTI (GEMA INTI), ketika ditemui Tempo di lokasi.

Pantauan Tempo, pelataran Taman Fatahillah ramai pengunjung yang menikmati berbagai pertunjukan budaya serta gerai kuliner yang diprakarsai oleh Festival Budaya Pelangi Nusantara. "Kami tidak tahu persis berapa jumlah orang yang datang. Untuk datang ke acara ini tidak perlu biaya atau undangan," kata Candra. Dia menuturkan acara tersebut sengaja diadakan di tempat umum karena bisa disaksikan oleh banyak orang.

Saat Tempo tiba di lokasi sekitar pukul setengah 12, sebuah kelompok debus dari Surabaya sedang menunjukkan kebolehannya. Para pengunjung memadati teras depan Museum Fatahillah yang berukuran sekitar 7 x 16 meter persegi, demi melihat jelas pertunjukan debus dari atas. "Sebelum debus, kami menggelar pertunjukan barongsai. Setelah ini masih banyak rangkaian pertunjukan lain," ujar Candra.

Tepat di depan teras Museum Fatahillah, seorang seniman sedang melukis cepat. Obyeknya adalah museum tersebut. Para pengunjung yang membawa kamera terlihat mengabadikan momen itu.

Selain barongsai dan debus, pertunjukan budaya yang akan berlangsung dalam Festival Budaya Pelangi Nusantara adalah beragam tari-tarian. Di antaranya tari kembang jatoh, tari topeng gong betawi, tari rebana aceh, tari jaipong, tari merak jawa, tari kipas makassar, sampai tari modern seperti break dance. Kelompok tai chi Bangau Putih juga akan menunjukkan kebolehannya.

Pengunjung juga dapat mengikuti demo membatik dan lomba mewarnai yang diadakan oleh gerai seni rupa.

Gita Amanda, 27 tahun, mengatakan dia tidak sengaja datang ke festival budaya Pelangi Nusantara. "Awalnya memang ingin jalan-jalan saja dari Depok, ternyata sampai di Kota Tua ada acara," kata Gita.

Dia mengatakan sejak berada di lokasi dari pukul 10, Gita dan teman-temannya sudah melihat-lihat stan seni rupa festival budaya Pelangi Nusantara. "Saya masih mau lihat yang lain, katanya ada tari-tarian," ujar Gita. (Sumber: Tempo.co)
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Jakarta Inside 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.