News Update :
Home » , , » 10 Cara Wisata Murah

10 Cara Wisata Murah

Friday, March 2, 2012 10:47 AM


Apakah Anda suka jalan-jalan tapi tidak ingin menghabiskan uang tabungan yang telah lama dikumpulkan? Anda harus membaca sepuluh tip di bawah ini. Mengambil dari kanal perjalanan laman CNN.com, tip berikut akan memberi bocoran kepada Anda cara menghemat uang selama liburan.

1. Sewa rumah, bukan hotel
Biaya akomodasi seperti menyewa kamar hotel merupakan satu bagian yang memerlukan biaya besar dalam sebuah perjalanan atau liburan. Dan untuk menekan biaya ini, ada baiknya Anda memesan sebuah rumah atau apartemen. Melalui situs HomeExchange.com dan HomeLink.org Anda bisa memilih rumah yang akan ditempati di negara atau kota tujuan.

Tapi waktu Anda menempati rumah itu, tempat tinggal Anda juga akan dihuni si empunya rumah tadi. Jadi Anda bertukar rumah dengannya. Memang tanpa biaya, namun Anda harus siap orang asing tinggal di rumah Anda.

2. Pakai strategi kala memesan tiket pesawat
Kalau lokasi liburan mengharuskan Anda menumpang pesawat, ada baiknya memesan tiket penerbangan pada Senin malam atau hari Selasa. Karena di dua waktu itu perusahaan maskapai melepas tiketnya dengan harga termurah. Sedangkan jika Anda tidak pergi sendiri, seyogyanya pemesanan tiket tidak dilakukan dalam satu waktu, melainkan secara terpisah.

Kata CNN.com, kalau tiket dipesan bersamaan, sistem pemesanan akan mencarikan bangku sederet yang mampu menampung Anda dan rekan perjalanan. "Bisa jadi kursi yang ditemukan sistem bukan berharga murah," tulis CNN.com. Karena itu ada baiknya Anda memesan satu tiket dulu, kemudian baru membeli tiket lainnya.

3. Menjauhi lokasi wisata utama
Biasanya, sebuah tempat wisata yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan akan mematok harga tinggi ke para pengunjungnya. Nah, untuk menekan pembiayaan, ada baiknya Anda memilih lokasi wisata yang tidak begitu populer tapi tetap bagus. Misalnya alih-alih main ke Venesia, Italia, Anda mendatangi Kota Lviv di Ukraina. 

Di tempat seperti ini Anda bisa lebih menggali banyak hal yang belum dijamah wisatawan lainnya.

4. Tekan pengeluaran yang perintilan
Saat liburan, beberapa wisatawan kerap mengabaikan masalah asuransi, biaya roaming telepon, ataupun biaya transaksi dengan kartu kredit. Padahal dari tiga hal itu Anda bisa menekan pengeluaran yang kesannya kecil tapi berdampak besar.

Misalnya saja ada perusahaan asuransi yang akan memberikan diskon 15 persen bagi wisatawan yang mau menggunakan helm saat bermain ski es. cek juga fasilitas dari kartu kredit HSBC dan Citibank yang sering menawarkan asuransi perjalanan gratis. Sedangkan untuk telepon atau internet, Anda bisa menggunakan nomor lokal di negara setempat dan menggunakan jaringan Wi-Fi. Sehingga Anda tidak harus merogoh banyak uang untuk komunikasi dengan keluarga dan teman.

5. Bandingkan harga dan cari diskonan
Sebelum memutuskan penerbangan, hotel, atau mobil yang akan Anda gunakan, ada baiknya bandingkan dahulu harganya dengan toko sebelah. Tujuannya agar Anda bisa mendapat barang bagus dengan harga terjangkau. Setidaknya Anda mempunyai pilihan sebelum menetapkan fasilitas apa yang akan digunakan.

6. Gunakan situs pemesanan
Bila ingin memesan kamar hotel, Anda bisa melakukannya jauh-jauh hari melalui pelbagai situs pemesanan di Internet. Misalnya Hotels.com, HotelPlanner.com, Agoda.com, atau booking.com. Melalui situ itu, Anda tidak hanya dapat memesan kamar yang sesuai pendanaan, tapi bisa meraih sejumlah hadiah atau potongan harga.

Contohnya Hotel.com memberi bonus satu malam menginap jika si pelanggan memesan kamar selama 10 hari, atau Agoda.com yang menawarkan poin setiap pemesanan kmar. Dan nantinya poin itu bisa ditukar untuk pembelian selanjutanya.

7. Mendaftar sebagai anggota maskapai tertentu
Terkadang hotel, maskapai, dan tempat penyewaan mobil memberikan formulir keanggotaan bagi pelanggannya. Jika Anda mendapat fomulir itu, tidak usah segan atau malas untuk mengisinya. Sebab biasanya perusahaan perjalanan banyak memberikan pelayanan atau fasilitas gratis bagi anggotanya. Kalaupun tidak, Anda akan mendapat sejumlah poin tiap menggunakan fasilitas perusahaan terkait. Lagi-lagi poin itu bisa Anda tukar di kemudian hari untuk mendapat potongan harga.

8. Jangan menggunakan agen perjalanan
Selain membawa buku panduan perjalanan mengenai suatu lokasi wisata, ada baiknya Anda menghindari agen perjalanan. Karena biasanya para agen itu akan mematok harga tinggi untuk menjadi pemandu Anda. Kalau memang membutuhkan seorang pemandu, Anda bisa meminta bantuan atau menyewa penduduk setempat. Lalu di mana Anda bisa mencari pemandu lokal, jawabannya ada di Localguiding.com. Dengan pemandu lokal, Anda tidak perlu merogoh duit banyak untuk pembayarannya. cukup memberikan sejumlah tip yang biasanya tidak terlalu tinggi.

9. Cari kupon perjalanan
Sebelum memesan pesawat yang akan Anda tumpangi, coba periksa dulu kupon perjalanan yang biasanyaa tersedia di situs perjalanan. Kalau Anda membuka PromotionalCodes.com, di bawah kategori "penerbangan" biasanya ada penawaran diskon 10 persen untuk tiket Emirates atau potongan 70 persen saat parkir di bandara. 

10. Berbagi kendaraan
Misalnya Anda mendatangi Eropa, Amerika, atau Australia dan berminat melakukan perjalanan darat selama di sana, ada baiknya berbagi kendaraan dengan wisatawan lainnya. Melalui situ mitfahrgelegenheit.de dan roadsharing.com, Anda dapat bertemu dengan wisatawan lain yang sama-sama memerlukan kendaraan dan ingin membaginya. Jadi Anda dan mereka bisa berjalan bersama dengan mobil sewaan dan harga patungan. 

Sumber: Tempo.co/CNN | CORNILA DESYANA
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Jakarta Inside 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.